Selasa, 15 Agustus 2017

Ketahui 10 Ide Kreatif Kerajinan Kayu


topeng-kayu-bobung

Kerajinan kayu (woodcraft) untuk orang-orang Indonesia adalah product yang telah lama ditekuni dan jadi salah satu kekayaan seni kriya yang di kenal sampai ke mancanegara. Beberapa daerah seperti di Kalimantan, Jawa Tengah, Sulawesi, Bali, dan Papua memiliki type kerajinan kayu yang tidak sama hingga semakin menaikkan keragaman budaya negeri ini.

Kerajinan dari kayu di Indonesia telah ada mulai sejak jaman dulu. Itu dapat diliat dari beragam peninggalan purbakala yang terbuat dari kayu. Perubahan kerajinan kayu di Indonesia sangat cepat beragam type kerajinan sudah dibuat. Karena di Indonesia sangat melimpah ketersediaan bahan baku kayu, di setiap daerah memiliki kayu-kayu yang ciri khas dan dapat di proses jadi barang kerajinan dengan kwalitas baik. Dengan umum kayu yang dipakai untuk buat suatu kerajinan yaitu kayu mahoni, kayu jati, kayu pinus, dan banyak type kayu yang beda. Ada pula pengrajin yang memakai kayu sisa atau kayu sisa yang telah tidak digunakan untuk di menjadikan beragam product kerajinan.

Untuk anda yang ingin mulai buat kerajinan dari kayu kesempatan ini kita akan ulas beberapa, Inspirasi Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Menarik. Dalam buat kerajinan tangan dari kayu diperlukan skil dan keterampilan untuk membuat kayu, terlebih keterampilan untuk memakai alat-alat pendukung yang berhubungan dengan perlengkapan gergaji dan ukir.

Kerajinan kayu itu ketika ditelateni nyatanya dapat jadi sebuah usaha yang memiliki prospek menjanjikan, terlebih untuk daerah yang sampai kini jadi salah satu maksud wisata baik domestik ataupun mancanegara.

Berikut beberapa cara membuat mainan dari kayu bekas :

1. Kerajinan Miniatur kayu 

Kerajinan kayu yang paling banyak peminat nya ialah miniatur beberapa pengrajin di beragam daerah memilih bahan kayu karna, struktur keras dan memiliki serat unik hingga juga akan hasilkan kerajinan yang unik dan memiliki nilai jual yang mahal.

2. Mebel 

Umumnya funiture memang terbuat dari kayu untuk mempermudah dalam menggerakkan kesibukan keseharian. struktur nya yang kuat dan budah di bentuk jadi alasan utama penentuan kayu untuk di menjadikan mebel oleh beberapa pengrajin, beragam funiture yang unik dari kayu, Salah satu misalnya yaitu kerajinan dari kayu jati, bagian akarnya biasanya digunakan jadi kursi dan meja yang unik dan menawan. Bentuk akar yg tidak teratur juga akan menaikkan nilai eksotis dari kerajinan itu.

3. Ukiran 

Salah satu karya seni ciri khas indonesia yaitu seni ukir dan pahat, Alam yang kaya raya sudah berikan ide pada orang-orang yang berfikir kreatif, seperti tercermin dari seni ukir yang lalu melahirkan bermacam type, bergantung pada kreatifitas dan daya dukung alam yang kaya. Khusus untuk seni ukir yang memiliki bahan basic kayu, makin bermacam karena di dukung oleh alam indonesia yang memiliki rimba tropis hingga hasilkan kayu yang dapat digunakan jadi bahan basic untuk mengukir. Ukuran sendiri umum di gabungkan dengan beragam mebel seperti meja, kursi, lemari dan mebel beda nya.

Di Indonesia sendiri seni ukir telah ada mulai sejak jaman dulu, hal tersebut dapat di ketahui dengan adanya banyak website purbakala yang terdapat banyak ukiran pada batu, atau dapat pula diliat pada relief pada dinding candi.

4. Tempat pensil 

Kerajinan kayu yang paling simpel dan mudah di buat, sangat pas untuk anda yang masih tetap pelajar yaitu tempat pensil beragam bentuk tempat pensil dapat kamu bikin sebagai berikut ini.

5. Kaca mata 

Untuk mendukung tampilan seorang biasanya memakai kaca mata, farme kaca mata yang bisanya terbuat berbahan logam, nyatanya dapat pula di buat dari kayu juga loh. Rewood itu yaitu sebuah brand lokal kacamata kayu asal Pegirikan (Kecamatan Talang) dan Karanganyar (Kecamatan Dukuhturi) yang terdapat di lokasi Tegal, yang telah menembus pasar menembus Amerika Serikat, Qatar, Australia, Singapura, Malaysia, Belanda, Denmark, bernama Imam Khifni.

6. Lentera 

Kerajinan dari kayu yang unik setelah itu yaitu lentera salah satu pengrajin lentera yang berada di indonesia yaitu Lani Lantera asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lani Lantera adalah usaha kecil menengah (UKM) yang menghasilkan product kayu sisa mulai sejak 2006 kemarin.

7. Lukisan 

Siapa katakan lukisan harus senantiasa dengan media kuas dan kertas, di papua memiliki rutinitas melukis dari mulai anak sampai orang dewasa di Papua semua dapat melukis. cara membuat mainan sederhana yang menarik. Kebiasaan melukis diatas kulit kayu telah diawali mulai sejak thn 1600-an. Bacalah juga penjelasan ini : Eksotisme papua yang tergesek dalam sapuan lukisan kulit kayu

8. Topeng 

Topeng yaitu benda yang digunakan diatas muka. Biasanya topeng digunakan untuk menemani musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah biasanya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam menemani kesenian. Bentuk topeng berbagai macam ada yang melukiskan watak geram, ada yang melukiskan lembut, dan adapula yang melukiskan kebijaksanaan. (Wikipedia).

Topeng sendiri dapat di buat berbahan basic kayu, telah banyak pengrajin topeng yang memakai bahan basic ini satu diantaranya parapengrajin asal Desa Bobung yaitu sebuah desa yang terdapat di kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Batik Kayu 

Biasanya, batik lebih dikenal luas oleh orang-orang sebuah alur atau motif yang ditorehkan ke sebuah kain, baik itu batik cap ataupun batik catat yang kesemuanya memiliki nilai seni tinggi. tetapi siapa kira batik dapat juga di torehkan di media kayu, batik kayu dapat anda temui di dusun Krebet, kelurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul ini.

Sebagian besar warganya memiliki profesi jadi pengrajin batik, namun tidak di atas selembar kain, tetapi media yang dipakai yakni kayu, bambu dan kulit. kerajinan kayu yang satu ini telah cukup populer luas sampai mancanegara juga loh, untuk yang belum juga tau mengenai kerajinan batik kayu.

10. lampu Hias 

Kerajinan dari kayu yang paling akhir yang dapat anda cobalah dan tentunya sangat sederhana untuk di buat yaitu lampu hias, iya dengan motif dan teksur kayu yang ciri khas dan dipadukan dengan bentuk yang unik lampu hias dari kayu dapat membuat atmosfer sendiri pada ruangan yang sekaligus jadi aksen estetis ruangan itu.

Tersebut beberapa inspirasi kerajinan dari kayu yang dapat anda menjadikan rujukan sebelumnya berkarya dengan media kayu, mudah-mudahan dapat jadi ide dalam berkarya, selamat coba.

0 komentar:

Posting Komentar